Remote ONT/Modem Indihome ZTE ZXHN F609 (nyang mana dimana Port 80-nya sudah di Forward ke Mikrotik)

Lanjutan postingan yang kemaren https://ferireza.wordpress.com/2016/10/08/ip-public-indihome/ kemarin saya sudah berhasil remote mikrotik dirumah via web dengan cara port forwarding port 80 di ONT ZTE ZXHN F609 ke port 80 punya mikrotik (mikrotik sebagai dhcp client dari ONT ZNT).

Posisi saya kan di kantor nih sekarang,  iya dong senin masak bolos hahaha.. nah saatnya coba hasil praktek kemaren bener ga bisa bisa diremote dari jaringan luar rumah? kemaren kan kurang avdhol nyobanya sama-sama dari rumah. hehe.. saya buka browser, saya copy paste url dns name  yg kemaren saya simpan di notepad (formatnya serialnumbermikrotik.sn.mynetname.net). pencet enter dan terbukalah halaman login mikrotik, mantap.., nah saya coba via winbox akses mikrotiknya klak klik klak klik pencet connect.. waduh… kok error could not connect?? ada apa gerangan kok gak bisa….?? oalah ya jelas gak bisa lah yang di-port forward kemaren kan cuma port  80 doang, winbox kan pake port 8291!!

Nah masalahnya sekarang kan harus masuk ke ONT ZNT ZXHN F609-nya dulu biar bisa nambahin port forward untuk port 8291! gimana caranya? port 80 sudah diarahkan ke port 80-nya mikrotik (lupa harusnya saya kasih port 81 aja untuk mikrotiknya biar port 80 tetep ke ONT-nya), tentunya gak bisa akses secara langsung dari luar.. hhmmmm gimana caranya ya bero? setelah mengernyitkan dahi dulu sebentar.. mikir ceritanya… cling! o iya kan mikrotiknya saya bikin sebagai pptp client dari pptp server mikrotik kantor, asiiiik ada harapan bisa remot mikrotik rumah via winbox.

Ok deh coba konek ke vpn/pptpnya kantor.. connected….coba masukkan ip lokal ONT ZNT ZXHN F609 rumah 192.168.1.1… halaman tidak bisa dijangkau!

2016-10-10

cek ping lewat cmd…  time out juga.. waduh kayaknya gak kenal rute kesana ya! sepertinya harus nambahin rute secara manual dari mikrotik kantor. gimana caranya pemirsa? tentunya buka mikrotik kantor yang bertindak sebagai pptp server.

route

Masuk ke menu IP pilih Route, Dst Address isi 192.168.1.1 (ip lokal ONT ZNT) untuk gateway isi dengan ip pptp client mikrotik rumah, contoh punya saya 192.168.99.1 klik apply, kalo berhasil muncul reachable di sebelah kanannya.. hmmmm kayaknya udah berhasil nih, coba kita masuk lagi ke 192.168.1.1 via browser…

2016-10-10-1

yess berhasil gan!! sekarang tinggal atur port forwardnya lagi untuk port 8291, caranya seperti yang saya post sebelumnya… masuk ke menu Application>Port Forwarding..

2016-10-10-2

untuk nama kasih saja mikrotik, WAN Connection pilih pppoe_1, WAN Start dan End ketik 8291, LAN HOST IP Address isi dengan ip lokal mikrotik, pada kasus saya 192.168.1.9 LAN Host Start dan End Port ketik 8291 kemudian klik tombol add.. ok beres kayaknya nih.. buka lagi winbox, isi connet to dengan DNS name dari IP Cloudnya mikrotik. masukan user dan pass klik Connect..

winbox

Berhasil vemirsa…

winbox2

Posted on Oktober 10, 2016, in Komputer, networking, Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 20 Komentar.

  1. Bro kalo forwart pptp dari f609 ke mesin mikrotik bs gak ? soale kalo pptp ato vpn selain foraward port juga harus ngebuka protocol 47 (gre protocol) gimana carane neh bro?

  2. Mas bro, saya baru pasang indihome internet+phone saja, karena tvnya gak butuh, trus saya sudah nyoba pasang flasdisk di modemnya indohome tersebut, Saat di rumah dengan koneksi by wifinya saya bisa akses tuh flasdisknya di modem indohomenya (bisa hapus bisa nulis), nah sekarang saya kepingin bisa akses tuh flasdisk di rumah tersebut dari kantor, Bisakah? trus kalau bisa Gimana Caranya?. thx bantuannya
    untuk type modemnya sih ZTE F-609 GPON …. thx

    • sori baru balas gan, bisa gan caranya aktifkan ftp server di modem zte f-609nya, ada dimenu Application>FTP Application, nanti diakses via browser ftp://ippublik indihomenya

      untuk samba tidak bisa diakses via wan karena samba didesain untuk LAN.

  3. Mas bro, remote ONT dari ddns gmn yaa step by step nya ?
    ONT nya sudah di set ddns, dan sudah bisa update ke dyndns server nya.

    Yang jadi masalah saya tembak langsung ip dyndns nya, si ONT membisu, alias tidak menjawan.

    terima kasih

  4. Klau cara OpenWrt router ZTE ZXHN F609 dengan usb adapter TL-WN722N gimana gan ? Apakah bisa ?

  5. kasus nya sama kyk ane diatas skrng yang ane lakukan cara buat vpn nya bagaimana ya gan??

  6. RAGIL HERNOWO BUDIANTO

    mas Feri, saya pakai indihome ONT ZTE F609 + ddns ip-dynamic.com, remote mikrotik dan cctv bisa. Tapi remote ONT ZTE F609 blm bisa. mohon pencerahan solusin. terimakasih

  7. Mas, mau tanya, bole di share setting vpn server di mikrotiknya? saya sdh coba setting tp ndak berhasil

  8. Mau tanya pptp server nya msh jalan sampai sekarang?
    Minta tips nya donk, soalnya port 1723 untuk pptp diclosed oleh telkom..

Tinggalkan komentar