Monthly Archives: Agustus 2008

Setting email di Samsung SGH-E590

Kita bisa mengirim dan menerima email dari hp samsung e590, asalkan email yang kita punya mendukung POP3 dan SMTP, misalnya  gmail dan yahoo mail lokal (yahoo.co.id) yahoo.com tidak bisa keculi yang berbayar.

Contoh untuk gmail :

Pertama tentukan dulu Profil email yang akan di gunakan misal untuk im3 Messages|Settings|Emails|Email Profiles|Profle Settings pilih Profile 1 kemudian isi dengan :

Profile name : indosatgprs
APN : indosatgprs
Login id : gprs
Password : im3
DNS1 : abaikan
DNS2 : abaikan

Setelah itu masuk ke Messages|Settings|Emails|Email Accounts|Account Settings| kemudian pilih Options dan Create

Account Name : isi dengan nama akun anda misal : Ferireza
Profile in use : indosatgprs

Pilih option kemudian next

Username : misal Ferireza
Email address : ferireza@gmail.com
Reply addres : ferireza@gmail.com

Pilih option kemudian next

SMTP Server : smtp.gmail.com (otomatis terisi)
SMTP Port : 465 (otomatis terisi)
SMTP User ID : Ferieza (misal)
SMTP Password : asdfgh (misal)
Secure Connection (SMTP) : Dicentang
Rertieve server type : POP3
POP3 Server : pop.gmail.com (otomatis terisi)
POP3 Port : 995
Same ID and Password : Dicentang
APOP Login : Abaikan
Secure Connection (POP3) : Dicentang

Pilih option kemudian save

Sending Options (Isi sesuai dengan kebutuhan)

Send copy to self : Menyimpan salinan di server
Request delivery receipt : Meminta laporan terkirim
Reques read receipt : Meminta laporan jika sudah dibaca
Priority : Prioritas Pengiriman
Add Signature : Menambahkan Signature (Nama, dll)

Receiving Options (Isi sesuai dengan kebutuhan)

Check interval : Interval pengecekan email
Send read receipt : Mengirim laporan ketika sudah dibaca
Retrieve option : Pilihan baca (semua atau hanya header)
Delete option : Pilihan hapus pesan
Download limit : Batas ukuran file yang di download
Keep in server : Centang jika ingin disimpan di server

Konfigurasi bisa di ubah sesuai dengan kebutuhan, untuk mengecek dengan segera apakah ada email baru atau tidak masuk ke Messages|My Messages|Email inbox| pilih Check new mail, atau mengecek susuai dengan interval waktu yang telah ditentutukan di menu Receiving Option.

Untuk email selain contoh gmail di atas, sesuaikan dengan konfigurasi yang diberikan oleh email tersebut, misalnya server smtpnya, server pop3, serta portnya.

Jangan lupa aktifkan fitur pop3nya misal di gmail spt dibawah:

Tulisan terkait lainnya :

Koneksi Internet Im3 dengan Samsung SGH-E590

Akhirnya setelah lama pake hp 1100 dari taon 2005 yang jadul abies (Hahaha…) 4 hari yang lalu bisa beli hp baru (masih nodong ortu, hehe… jadi malu nih), bingung juga dengan dana sekitar 1jt250rb awalnya pengen dapet hp nokia second atau SE yang udah 3G, ato yang minimal edge 10 lah, coz emang niat beli hp baru bukan buat gaya-gayaan sih, utamanya biar bisa dijadiin buat modem plus hp lama udah sering error matot sendiri dan ngedrop. Slama ini aq akses internet harus ke kampus, itu pun malem cz kalo siang lemot banget cz yang akases banyakan. kalo malem cepet banget, tapi kan kadang keadaan ga memungkinkan buat ke kampus atau kadang-kadang ga bisa konek internet hotspotnya. sedangkan hasrat diriku untuk mengakses internet sangat besar! hahaha… biasanya sih kalo pas siang gitu pinjem hp pacar buat sekedar blogwalking lewat operamini. tp kan enak kalo punya sendiri, alhasil nodong ortu dh. hehe..

Akhirnya tiba waktunya nyari hp baru, hp yang jadi inceran lagi kosong.. waktu dah sore males nyari2 lagi ke konter yang lain, si penjual pun nawarin samsung sgh-e590 katanya bagus n tahan banting (dia sendiri punya). dia bilang kalo deal hp e590 punya dia dijatuhin ke bawah dalam keadaan player mp3 nyala (dia juga cerita kalo dia bli tu hp gara2 liat salesnya pas demo jatuhin tu hp) ga sempet mikir panjang cz dah maghrib aq langsung aja bilang deal, sesuai janjinya e590 punya dia dilemparin ke atas dalam keadaan mp3 nyala sekitar 2,5-3 meter kayaknya, kmudian jatuh ke lantai. eh bener mp3nya masih idup, dasar yang jual, emang pinter kalo promosi. jadi deh bli tu hp. dia nawarinya 1,25jt , cz tadinya hp tu bukan incara jadinya ga nyari dulu info harga aslinya berapa, ya udah deh tak tawar 1,2jt+mmc 1gb, dealnya 1,225jt. eh gak taunya barangnya tu gak ada di konter situ, yang jual ngambil dulu ke konter yang lain. disuruh nunggu 15 menit dulu. waduh… pas di tinggal baru kepikiran nanya harga e590 ke om gugel (kebetulan di konter itu ada hp SE K618i seken yang tadi di tawarin ke aq, tapi ga tertarik cz kondisinya udah ga meyakinkan. aq cek lewat hp entu, dapet link ke bhineka.com, stelah dibuka WHEeeee harganya cuma 1,099jta!!)HAhaha… untung banyak tu yang jual. ya udah deh gpp, anggap amal aja. ato anggal harga mmc 1gb-nya 125rb.hehe… sambil nunggu cz udah masuk maghrib kita (waktu itu ama cw q,nana n joko) sholat dulu di mushola deket situ. abis sholat ga lama kemudian si penjualnya nyampe,sempet bilang “mas ko harga aslinya cuma 1,09jt” dasar penjual bisa aja ngelesnya, katanya harga bisa berubah2 tiap saat. hehe….

Ok deh, langsung ke intinya aja, jajal koneksi internet pake m3 capek juga cerita-crita dulu, padahal gak penting ya??? HAhaa…

SGH-E590_mainkv

Spesifikasi dari gsmarena.com :

image

Sayangnya di paket penjualan ga disertain software PC Studio ama driver USB nya, mau ga mau ya harus download dulu dari sini lumayan gede filenya, 62,3MB (vista), dan 61,15MB (winxp)

Tampilan Samsung PC Studio

image

Untuk Koneksi ke internet pilih Networking Wizard

image

Pilih Create -> Next

image

Isi connection namenya m3gprs misalnya, -> next

image

Pilih SAMSUNG Mobile USB Modem, -> Next

image

Pilih negara dan operator sesuai dengan yang digunakan, contohnya m3, ganti user id dari im3 menjadi indosat@durasi begitu jug adengan passwordnya indosat@durasi, karena jika tetap dengan username im3 skema pembayarannya volume based, Rp 1/kb. kalo buat download file besar2 tentu sangat boros, misanya download file 10 MB berarti biayanya Rp. 10.000,- jika dengan username indosat@durasi maka skema pembayarannya time based Rp. 100/menit ato 110/menit ya? waduh lupa aq. hehe.. jadi kalo download 10 MB dibutuhkan 10 menit misalnya jadinya Rp 1000, jauh banget kan selisihnya….

Test lewat speedtest.net

image

Padahal pas test pertama kali bisa tembus ampe 200kbps buat downloadnya tapi lupa ga ke simpen cz tadinya ga ada rencana mau di posting di blog.

Test download file

image

Lumayan Lah….. bisa dapet bandwith maksimal edge. (test di atas kalo dapet sinyal edge lho.. kalo cuma dapet sinyal GPRS dapetnya lebih kecil, cuma sekitar 32-48kbps alias 4-8KBps coz hp ni cuma ampe GPRS class 10!

Hmmmm kalo punya hp/modem 3.5G mungkin bisa dapet 2-3mbps lebih (rencana yang harus kesampean n ga nodong ortu lagi tentunya) HEhe…..

Tulisan terkait lainnya :

%d blogger menyukai ini: