Folder Winsxs (Windows Side by Side) di Vista Boros Space!!

Di windows xp folder Winsxs sub direktori Windows hanya memakan space sekitar 30-40 MB tapi di vista memakan space antara 3.5 Gb sampai dengan 8 Gb lebih!!😦 sangat rakus sekaleee.. setelah nyari2 info katanya eh katanya tidak disarankan menghapus folder ini. karena akan berakibat windows menjadi tidak stabil. isi dari winsxs sendiri berisi semua komponen yang berada di sistem yang disimpan, masing-masing komponen disimpan dengan nama khusus yang meliputi versi, bahasa dan jenis arsitekturnya. setiap kita melakukan update windows maka file lama tetap akan disimpan dan tidak akan dihapus untuk menjaga kestabilan system. semakin sering mengupdate windows maka akan semakin gemuk juga folden winsxs😦 untuk penjelasan lebih lanjut bisa dilihat disini

image image

Folder winsxs di vista saya mencapai 8,2 GB Hiks… salah satu cara yang paling aman untuk memperkecil ukuran folder winsxsjika anda tadinya mengupdate ke vista SP1 adalah menjalankan program  VSP1CLN.EXE yang berada di Windows\System32. dengan menjalankannya SP1 menjadi permanen tidak akan bisa di uninstall lagi.

image

image

image

<< Lumayan bisa menghemat 1,4 Gb.

Posted on November 19, 2008, in Windows and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 16 Komentar.

  1. Fer.. Mau nnya soal samsung sgh e590 nich Seperti saranmu telah kulakukan tapi kok aplikasi yang terdownload tidak bisa terinstal ya, sperti opera mini,migg33.. Apanya yang salah ya.. Aku pake m3..

  2. mas cahnyono downloadnya file jar atau jadnya. kalo yang jar gak bisa harus yang jad. coz samsung e590 cuma ngedukung instalasi secara online

  3. makasih punyaku sampe 4,01 GB. . wuih gila

  4. truz…punyaq nyampe 4 gb… gmana//

  5. Nanang Arief Setiawan

    Trims infonya tentang folder winsxs🙂

  6. gw mo nanya bro/sis…
    OS gw vista64 (belum sp1)
    mo gw update ke sp1 dah ga bisa (ga ada space lg..)
    habis dimakan winsxs hampir 26GB
    padhal sofware smua software yg tak instal di C:/ ga ada 2GB
    masalahnya drive c: cuma gw bikin 30GB

    ada ga software selain vsp1cln?

  7. MAS,tulungin gue…gue punya laptop merk hp cq40 with freedos..so gue pke window yg nggak ori..yg gue tanyain adlh gmn cr mengupdate window tsb??tulungin gue dong…gue nggak ngrti amat mslh comp ni..ma ksh ya sblmnya..

    • pake windows vista/7 kan? kalo statusnya udah activated (genuine) biasanya gak ada masalah ko update langsung dari Windows Update bawaan windowsnya, dari situsnya microsoft juga gak masalah. sama2 ya

  8. mas, help me. kok bisa yah local disk (C) saya makin hari makin kecil memorinya? yang paling banyak makan memori tuh winsxs itu. tadi saya baca gunain SP1 pada system 32. tapi di laptop saya tidak ada. terus mesti gimana dong ? makasih sebelumnya.

  9. ada enga solusi lain untuk kasus winsxs, pernah baca2 di compress saja file lama. tpi lum pernah coba juga c,
    apa ada solusi lain untuk menghemat gila aja winsxs nga pernah diet gimana jadinya space hdd harus bertambah terus😦

  10. winsxs tu ada yg bagiannya boleh di delete atw gk ?
    klo di pindah atw di clean gk akan bertahan lama pasti makin gede…temen nyaranin format windows tiap winsxs udah menuhin hardisk tp tu bukan solusi……

Tinggalkan Balasan

